Home Video Bantaran Sungai Cigahu Bogor Disulap menjadi Kawasan Edukasi Konservasi dan juga...

[Wisata] Bantaran Sungai Cigahu Bogor Disulap menjadi Kawasan Edukasi Konservasi dan juga Wisata Angkat EkonomI

Travelgaul video,bantaran,sungai,cigahu,Tribunnews,tribun video,tribun,Bogor,Sungai Cigahu, This Video is doc brushes! Video chaplain maples!!
Di Unggah Tribunnews
Channel Tribunnews
Video ID qhzYa2_W4dI

URL link https://www.youtube.com/examine?v=qhzYa2_W4dI

Jangan lupa treasure dan juga subscribe video ini untuk mendapatkan notifikasi terbaru dari kami
TRIBUN-VIDEO.COM – Pemerintah Kabupaten Bogor menata bantaran Sungai Ciguha di Kecamatan Nanggung sebagai kawasan edukasi konservasi dan juga wisata.

Peresmian kawasan edukasi konservasi dan juga wisata Sungai Ciguha dilakukan oleh Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum pada Jumat (14/1/2022).

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan berharap penataan ini bisa mengangkat perekonomian masyarakat Kecamatan Nanggung.

“Mudah-mudahan adanya kawasan wisata edukasi ini dapat mengangkat potensi dan juga perekonomian wilayah Bogor Barat serta menghilangkan Penambang Emas Tanpa Ijin (PETI) di wilayah ini,” kata Iwan. 

Baca Juga :  [Wisata] THE RANCH CIATER SUBANG TERBARU | WISATA WAJIB LEMBANG BANDUNG

Nanggung merupakan wilayah yg luar biasa dengan potensi sumber daya alamnya serta cukup besar di wilayah Bogor Barat.

Wilayah Nanggung sebelumnya menjadi tempatnya Penambang Emas Tanpa Ijin (PETI) sehingga memunculkan sangat banyak permasalahan yg cukup kompleks.

“Semoga kawasan edukasi konservasi dan juga wisata Sungai Ciguha dapat mengurangi dan juga mengilangkan PETI,” ujarnya.

Menurut Iwan, dampak dari PETI cukup fenomenal, bahkan sampai menyebabkan bencana nasional.

“Dengan adanya pemberian peluang usaha kepada native hero maka dapat menggeser kegiatan masyarakat gurandil (penambang emas ilegal-red), sehingga mereka akan bergeser kepada kegiatan edukasi wisata di eilayah Bogor Barat ini,” paparnya.

Baca Juga :  Telkomsel Ajak Pelanggan Beralih ke 4G

Politisi Partai Gerindra ini menjelaskan bahwa Pemkab Bogor pada prinsipnya sangat mendukung kegiatan pengembangan kawasan edukasi konservasi, dan juga wisata Sungai Ciguha.

“Adanya bencana alam tanah longsor besar pada awal Tahun 2020 yg terjadi di tiga wilayah Kecamatan Nanggung, Cigudeg, dan juga Sukaya memberikan hikmah untuk menghentikan kegiatan PETI,” tutur Iwan.

Berdasarkan penelitian, lanjutnya, bencana alam longsor dikaitkan dengan adanya PETI, yg menyebabkan tanah amblas dan juga gunung meleleh kebawah.

“Terima kasih Wakil Gubernur Jabar atas kehadiran dan juga dukungannya. kami akan terus bersinergi, apa yg menjadi tugas Desa, Provinsi, Kabupaten Bogor dan juga PT. Antam,” tandas Iwan.

Baca Juga :  [Wisata] 7 Tempat Wisata di Istanbul, Bisa Dikunjungi saat Liburan ke Turki

Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum menyatakan masalah tambang menjadi dilema.

Di satu sisi, tambang sangat menguntungkan. Sementara di sisi yg lain kalau pengelolaannya tidak profesional maka akan mendatangkan kerugian.

Apabila tambang tidak dimanfaatkan, untuk apa potensi yg ada. kami butuh pasir, batu bahkan emas untuk menyejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Uu memberikan apresiasi dan juga penghargaan atas pembangunan kawasan edukasi konservasi dan juga wisata Sungai Ciguha

“Harapan kami ini terus berlanjut, tidak cukup segertakan saja, tapi harus ada keberlangsungan, kontinyuitas. Ini sangat penting, makanya saya minta daerah-daerah yg lain bisa mengikuti langkah ini, untuk bisaa membasmi penambangan liar,” pungkasnya.

(Tribun-Video.com)

3 COMMENTS