Beranda Wisata Wisata Sejarah sekaligus Wisata Religi di Pulau Mansiman Papua

Wisata Sejarah sekaligus Wisata Religi di Pulau Mansiman Papua

67
0
BERBAGI

Nah, masih seputar Papua, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda mengupas Pulau Mansiman Papua, yang merupakan salah satu objek wisata sejarah sekaligus menjadi objek wisata religi. Memang saat disana, Anda tidak akan mendapatkan pemandangan eksotis layaknya di Raja Ampat, namun Anda akan menemukan beberapa peninggalan sejarah sebagai gantinya.

 Lokasi Pulau Mansiman

Pulau Mansiman ini terletak di Teluk Doreri yang merupakan bagian dari wilayah ibu Kota Papua Barat, yakni Manokwari.

Keistimewaan Pulau Mansiman

Pulau yang dihuni oleh sekitar 800 jiwa ini dikelilingi oleh pohon kelapa di bagian pantainya. Pulau ini juga tidak memiliki jalan raya, dan sebagai gantinya, hanya ada jalanan beton yang berukuran sedang.

Pulau mansiman bisa dikatakan sebagai pintu masuk modernisasi di kawasan Papua, karena pulau ini dahulunya pernah didatangi oleh dua orang misionaris yang berasal dari Jerman sekitar tahun 1855 silam. Dua orang misionaris tersebut dikenal bernama Johann Gottlob Geissier dan Carl Wilhelm Ottouw. Kala itu, pulau ini dihuni oleh masyarakat yang terhitung sangat primitif.

Ada banyak peninggalan sejarah di pulau ini berkatian dengan keberadaan dua orang misionaris tersebut, seperti tugu salib yang menjadi peringatan masuknya Injil di Papua. Kondisi tugu ini sempat sangat memprihatinkan hingga akhirnya pada tahun 2013 yang lalu ada instruksi agar tugu ini direnovasi sehingg menjadi monumen yang megah seperti sekarang ini.

Tak hanya tugu, di pulau ini juga masih ada sisa bangunan gereja yang dibangun oleh Outtouw dan Geissier. Hanya saja yang tersisa sekarang hanya pondasinya saja. Di samping gereja, ada sebuah sumur yang suda tua yang juga dibuat oleh Outtouw dan Geissier sebagai sumber air bagi penduduk pulau dan masih digunakan hingga sekarang ini.

Obyek lain yang bisa dilihat adalah patung Yesus ukuran raksasa yang tampak mirip dengan patung Yesus yang ada di Rio de Janeiro, Brazil. Patung ini adalah gagasan pemerintah Indonesia sebagai bentuk penghargaan atas sejarah peradaban Papua di Pulau Mansiman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here