Beranda Kuliner Udang Selingkuh, Kuliner Unik Khas Papua yang Lezat Tiada Tara

Udang Selingkuh, Kuliner Unik Khas Papua yang Lezat Tiada Tara

50
0
BERBAGI

 Dari sabang sampai merauke, berjajar pulau-pulau. Iya, itulah Indonesia. Salah satu Negara di Benua Asia yang memiliki berbagai kekayaan mulai dari pulau, suku, budaya, bahasa dan tentunya kaya akan berbagai olahan kuliner khas yang menggugah selera.

Nah, bicara tentang kuliner Nusantara, kami ini kami akan mengulas salah satu  kuliner unik khas Papua, yang dari namanya saja cukup unik, yakni udang selingkuh. Yup, dinamakan udang selingkuh karena udang yang satu ini memiliki capit seperti kepiting, sehingga masyarakat Papua beranggapan udang ini merupakan perkawinan silang dengan kepiting. Jadi terciptalah nama udang selingkuh.

Udang selingkuh ini biasanya dihidangkan dengan berbagai menu olahan masakan. Mulai dari udang saus tiram, saus mentega, dan juga saus padang. tekstur udang yang berserat, padat serta gurih menjadikan hidangan ini sayang jika dilewatkan. Sebagai pelengkapnya, biasanya disajikan pula sayur kangkung atau sayur bunga papaya.

Untuk menikmati udang selingkuh ini, anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp 100.000 hingga Rp 300.000 untuk tiap porsinya yang berisi sekitar lima atau enam udang selingkuh ukuran sedang hingga besar. Harga yang ditawarkan mungkin cukup mahal, namun setelah merasakan kenikmatan udang selingkuh ini tentu anda akan menganggap bahwa harga yang ditawarkan pantas dengan kenikmatan yang anda dapatkan.

Jika anda ingin mendapatkan harga udang selingkuh yang lebih murah, anda bisa membelinya di pasar atau membeli langsung pada orang-orang yang telah memancingnya. Namun, jika anda telah membeli udang selingkuh tapi anda enggan untuk memasaknya. Tenang, masyarakat Papua memiliki keunikan tersendiri. Silahkan anda membawa udang anda ke rumah makan untuk dimasak. Dengan begini anda hanya perlu membayar ongkos dan juga bumbu yang digunakan. Sangat praktis bukan?

Jadi salah satu kelebihan dari jenis udang ini dibanding udang biasa adalah, jika pada udang biasanya anda hanya bisa menikmati tubuh udang, pada udang selingkuh ini anda akan menikmati pula capitnya. Tentunya akan lebih memuaskan bukan? Jadi, saat sedang berkunjung ke Papua, jangan sampai lupa mencicipi kuliner lezat yang satu ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here