Beranda Kuliner Sayur Ares, Kuliner Lezat dari Pelepah Pisang Khas Lombok

Sayur Ares, Kuliner Lezat dari Pelepah Pisang Khas Lombok

58
0
BERBAGI

Berwisata ke Pulau Lombok, tidak lengkap rasanya apabila belum merasakan kuliner khas Lombok yang satu ini. Namanya adalah sayur ares. Kuliner asli Lombok ini memiliki keunikan tersendiri, loh. Seperti apa sih keunikan dari sayur ares? Yuk, simak ulasan berikut ini…

Pengolahan Sayur Ares

Sayur ares ini merupakan kuliner olahan pelepah pisang yang masih muda. Jika kebanyakan orang menganggap pelepah pisang sebagai sampah, maka masyarakat Lombok mengolah pelepah pisang menjadi makanan yang unik dan lezat.

Pelepah pisang ini diolah dengan cara dimasak bersama santan. Perpaduan antara pelepah pisang dan santan inilah yang kemudian memunculkan cita rasa manis dan gurih pada sayur ares.

Untuk membuat sayur ares, sebaiknya menggunakan pelepah pisang batu atau pisang gepok. Kedua jenis pisang tersebut dipilih karena rasanya yang manis. Pelepah pisang kemudian dikupas kulitnya dan diiris tipis. Selanjutnya, irisan pelepah pisang dibubuhkan garam lalu diremas-remas dan dicuci hingga bersih.

Pelepah pisang ini berikutnya dicampur dengan bumbu kare juga santan. Bumbu yang digunakan biasanya seperti ketumbar, lengkuas, jinten, bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, dan kemiri.

Hanya memerlukan waktu kurang lebih 15 menit untuk membuat sayur ares ini. Uniknya lagi, sayur ares ini harus dimasak tanpa menggunakan penyedap rasa agar tidak merusak cita rasa alami dari masakan.

Sejarah Munculnya Sayur Ares

Konon, dulu Pulau Lombok pernah mengalami kekeringan dalam masa yang panjang. Kondisi ini menyebabkan banyak tumbuhan yang layu dan ternak menjadi mati kelaparan. Satu-satunya tumbuhan yang masih hidup yaitu pohon pisang. Salah seorang warga bernama Loq Ares memberi makan ternak yang kelaparan menggunakan pohon pisang ini. Ternak-ternak tersebut memakannya dengan lahap. Loq Ares kemudian mendapat ide untuk memotong pelepah pisang dan mencampurnya dengan bumbu. Akhirnya jadilah sebuah masakan yang rasanya enak. Ia menamai masakan itu sebagai Ares, sesuai nama dirinya.

Dulunya, sayur ares merupakan makanan tradisional Suku Sasak yang disajikan hanya saat acara pernikahan adat saja. Hingga kini pun, sayur ares masih dijadikan sebagai menu wajib yang harus dihidangkan saat pesta pernikahan di Lombok. Tapi jangan khawatir, Anda masih tetap dapat menikmati sayur ares meskipun sedang tidak ada pesta pernikahan. Kini sudah ada banyak warung makan di Lombok yang menyajikan menu sayur ares ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here