Beranda Kuliner Mie Lethek Mbah Mendhes, Mie Kusam ala Bantul yang Nikmat

Mie Lethek Mbah Mendhes, Mie Kusam ala Bantul yang Nikmat

37
0
BERBAGI

Selain terkenal dengan berbagai pesona wisatanya, Yogyakarta juga dikenal dengan beragam kulinernya yang unik dan menggugah selera. Dan salah satu kuliner yang wajib Anda rasakan ketika berwisata ke Yogyakarta adalah mie lethek. Mie lethek biasanya diolah menjadi hidangan bakmi. Penampakan bakmi ini sekilas memang tampak “kotor” atau kusam, namun jangan salah, rasanya sangat lezat dan bikin nagih. Kok bisa ya?

Pengolahan Mie Lethek

Mie lethek ini terbuat dari bahan dasar tepung singkong atau yang biasa disebt dengan istilah gaplek oleh orang Jawa. Gaplek memang memiliki warna yang kusam. Sehingga, tidak heran kalau mie yang dihasilkan dari olahan gaplek ini menjadi berwarna kusam dan tidak secerah warna mie pada umumnya.

Salah satu yang menjadikan mie lethek ini unik adalah pengolahannya yang menggunakan tenaga sapi. Berbeda dari mie pada umumnya yang diolah menggunakan mesin penggiling. Sapi digunakan untuk meratakan adonan mie, tepatnya dengan cara diinjak-injak memutari loyang besar berisi adonan mie tersebut.

Namun, Anda tidak perlu khawatir mengenai kehigienisan dari mie lethek ini. Mie dikeringkan menggunakan sinar matahari secara langsung. Mie lethek juga tidak berbahaya bagi kesehatan karena tidak mengandung MSG dan pengawet sama sekali.

Kenikmatan Mie Lethek di Warung Makan Mie Lethek Mbah Mendhes

Salah satu tempat kuliner yang menyajikan mie lethek ini adalah Warung Makan Mie Lethek Mbah Mendhes. Tidak hanya mie lethek, warung makan ini juga menyediakan beragam olahan bakmi dan makanan khas Yoyakarta lainnya. Bakmi-bakmi yang disajikan di warung makan ini biasanya diolah dari mie lethek yang diproduksi sendiri oleh pemilik warung makan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here